Menerbitkan buku saat ini adalah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Anda pun bisa membuat dan menerbitkan buku. Jika anda kesulitan mengani finansial sebagai modal untuk pembuatan buku kumpulan cerpen yang anda buat atau kumpulan tulisan di blog anda maka anda tidak perlu khawatir. Karena anda bisa mencetaknya sesuai keinginan anda. Tidak perlu mencetak buku sebanyak 500 atau 1000 eks sudah bisa anda lakukan. Melalui sistem Print On Demant (POD) memungkinkan anda untuk mencetak buku walau hanya satu. Modal yang anda perlukan untuk mencetak buku tidak terlalu banyak. Jika ternyata ada orang lain misalnya teman anda berminat untuk membelinya maka anda baru mencetaknya sesuai pesanan teman anda tersebut.

Anda tidak perlu jauh-jauh mencari percetakan atau penerbitan yang bisa memberikan jasa POD atau mencetak buku sesuai pesanan. Sebelum memutuskan untuk menerbitkan buku anda maka sebaiknya anda mencari penerbitan yang satu wilayah dengan anda. Hal ini untuk mengantisipasi biaya kirim yang mungkin membuat anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk mendapatkan buku anda. Nah, jika anda tetap belum menemukan tempat menerbitkan buku yang berada di wilayah anda baru kemudian anda mencari alternatif lainnya misalnya dengan melakukan pencarian melalui situs pencarian. Dan sebaiknya anda lebih cermat pula dalam menentukan pilihan. Karena saat ini semakin banyak saja jasa penerbitan buku walau hanya satu.

Namun sekali lagi sebaiknya anda cermat dalam menentukan pilihan. Sebaiknya anda memilih setelah membandingkan satu sama lain penerbitan tersebut. Setiap penerbitan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada jasa yang diberikan memang dengan harga terjangkau. Namun biaya pengirimannya ternyata justru membuat anda membayarkan harga yang mahal untuk buku anda sendiri. Sehingga sebaiknya memang memilih jasa penerbitan atau percetakan yang satu lokasi dengan anda. Misalnya anda berada di Surabaya maka anda bisa mencari penerbitan di sana. Begitu juga ketika anda berada di Malang, Jember, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan lainnya juga memilih penerbitan atau percetakan yang bisa menerbitkan buku sesuai pesanan anda.

 

 

 

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

2 responses »

  1. Palagan mengatakan:

    POD memang sangat bisa membantu para penulis yang belum cukup berpengalaman dalam menembus perusahaan penerbit terkenal. situs jasa penerbitan independen (self-publishing) Indonesia – nulisbuku.com salah satunya, hampir mirip dengan lulu.com yang ada di luar sana. kelebihannya buku anda bisa langsung publish dan siap dijual secara online. Kekurangannya, para penulis buku harus ikut aktif dalam memasarkan bukunya

    • Rumah Media mengatakan:

      betul2 itu,
      kelemahan lainnya yaitu mahal di ongkos kirim, itu sebabnya klo mau pakai jasa POD, mending cari yg satu daerah atau wilayah biar lebih murah di ongkir, klo perlu datang ke kantornya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s