Menerbitkan buku saat ini bukanlah hal baru. Bukan hal yang mencengangkan dan menghebohkan. Jika sebelumnya seseorang sulit untuk menerbitkan buku dengan berbagai alasan misalnya ditolak penerbit mayor. Bisa juga tidak memiliki modal untuk menerbitkan secara indie karena percetakan memberikan batas cetak minimal 500 eks.

Namun, hal itu adalah masa lalu. Saat ini menerbitkan buku merupakan hal yang mudah. Bahkan bagi orang yang memiliki uang yang sedikit. Tidak mampu mencetak 500 eks. Mengapa? Karena saat ini menerbitkan dan mencetak buku meskipun hanya 1 eks pun bisa dilakukan.

Saat ini tengah menjadi tren sebuah sistem percetakan dan penerbitan buku secara Print On Demant (POD). Artinya buku dicetak sesuai pesanan pembeli. Sehingga jika kemudian membuat atau menyusun buku lalu membuat desain. Kemudian dipasarkan melalui jejaring sosial maupun website. Hal itu sangat mungkin untuk dilakukan. Buku yang dipasarkan nantinya dicetak hanya sesuai pesanan. Jika ada orang yang memesan buku tersebut maka buku baru dicetak.

Sistem ini pula yang membuat berbagai kompetisi penulisan karya yang dibukukan semakin marak. Menerbitkan buku bukan lagi hal baru dan bukan hal yang susah.

Anda pun bisa melakukannya. Siapkan naskah dan desain cover buku anda. Cari penerbit yang bisa memberikan layanan POD. Selanjutnya pasarkan buku anda melalui blog pribadi, website, jejaring sosial seperti facebook dan twitter anda. Lalu anda pun memperoleh keuntungan secara bertahap. Menerbitkan buku bukan hal baru dan susah.

Berani mencoba?🙂

 

 

 

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

2 responses »

  1. Ari mengatakan:

    berani. hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s