Ramadhan Journalistic For Student (RJFS) #1Bulan puasa atau ramadhan sering kali diisi dengan malas-malasan oleh para remaja yaitu siswa SMP dan SMA atau sederajat. Hal ini tidak lain karena puasa dianggap akan semakin menghabiskan energi sehingga cepat membuat lelah. Padahal sebenarnya dengan melakukan banyak kegiatan justru akan membuat ibadah puasa semakin maksimal karena melakukan hal-hal bermanfaat.

Nah, sebagai upaya untuk memberikan aktifitas yang bermanfaat bagi para pelajar membuat Rumah Media memiliki sebuah konsep untuk memberikan kegiatan bagi pelajar. Sebuah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan minat menulis dan membaca para siswa.

Kegiatan ini diberi nama Ramadhan Journalistic For Student (RJFS) yang diadakan dua kali dan tanpa dipungut biaya sama sekali. Agar tidak mengganggu kegiatan para siswa di sekolah, kegiatan ini diadakan pada hari Minggu. RJFS #1 diadakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada Minggu (29/7/2012). Sementara RJFS #2 diadakan di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada Minggu (5/8/2012) lalu. Peserta kedua kegiatan tersebut adalah perwakilan siswa-siswi SMP, SMA/SMK atau sederajat yang ada di Yogyakarta.

Pelatihan jurnalistik ini diisi oleh Direktur Rumah Media, Dani Kurniawan dan Koordinator bisa Pendidikan dan Media, Dian Karyati Pamungkas. Pelatihan diisi materi pengenalan jurnalistik, peliputan berita dan penulisan berita.

Menurut Dani Kurniawan, kegiatan ini dilakukan agar para siswa semakin meningkat minat untuk membaca sekaligus menulis. “Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Membaca tidak hanya sekedar membaca buku namun juga membaca lingkungan sekitar.”ujarnya.

Sebagai keberlanjutan kegiatan ini, rencanya akan membuat sebuah buku yang berisi tulisan para peserta kegiatan. Tulisan berupa artikel mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bulan ramadhan. Sehingga para peserta memiliki kenang-kenangan dengan pelatihan yang telah diikuti.

Kegiatan ini juga nantinya akan tetap berlanjut pada ramadhan selanjutnya dan mampu menghasilkan seorang siswa yang mungkin nantinya bisa menjadi penulis, jurnalis atau profesi apa saja yang suka menulis dan membaca.

Ramadhan Journalistic For Student (RJFS) #2

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s