Minggu (29/7/2012) Suasana tampak cukup meriah pada penyelenggaraan pelatihan jurnalistik di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pelatihan yang diselenggarakan Rumah Media bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tersebut diikuti sekitar 27 siswa-siswi perwakilan dari SMP, SMA/SMK baik negeri maupun swasta di Yogyakarta.

Pelatihan jurnalistik bertajuk Ramadhan Journalistic For Student (RJFS) diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan bakat dan kemauan para siswa dalam penulisan karya baik fiksi maupun nonfiksi. Dan pada pelatihan tersebut materi yang diberikan yaitu pengenalan jurnalistik, reportase dan penulisan berita.

Materi pengenalan jurnalistik disampaikan oleh Koordinator bidang Media dari Rumah Media, Dian Karyati Pamungkas. Sementara itu materi reportase dan penulisan berita disampaikan oleh Direktur Rumah Media, Dani Kurniawan.

Ada juga pemutaran video berita yang lebih memudahkan para peserta untuk membedakan bagaimana yang disebut berita atau bukan. “Tidak hanya materi yang disampaikan dalam kesempatan kali ini. Agar para peserta lebih memahami bagaimana penulisan berita maka mereka juga diberikan penugasan untuk mempraktikkan penulisan berita.”urai Dani seusai pelatihan.

Pada sesi terakhir memang diberikan penugasan bagi para peserta untuk menulis berita. Peserta diperbolehkan keluar ruangan dalam mencari berita dan menuliskannya. Selanjutnya tugas tersebut dikumpulkan kemudian dibedah secara acak. Pembedahan penulisan berita para peserta dimaksudkan agar peserta mengerti dimana kesalahan penulisan yang dilakukan. Sehingga nantinya mereka mampu menulis berita dengan lebih baik.

“Setelah para peserta selesai menulis berita selanjutnya berita dikumpulkan dan kami bedah atau dibahas dimana letak kesalahannya. Misalnya dalam penulisan lead, judul berita dan lainnya. Kemudian bagaimana penulisan yang benar, bagaimana penulisan judul yang lebih baik dan lainnya. Sehingga nantinya mereka akan jauh lebih baik dalam menulis berita kembali.”ujar Dani.

Pelatihan tersebut berjalan dengan baik. Apalagi dari para peserta juga memberikan respon yang hangat. Ada banyak pertanyaan yang diberikan sehingga pelatihan berjalan dengan menyenangkan. Usai pelatihan tersebut antara peserta dan Rumah Media kemudian membuat kesepakatan. Dimana seusai pelatihan para peserta selanjutnya tetap diberi tugas. Penugasan tersebut mengharuskan para peserta menulis pengalaman mereka di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka yang berkaitan dengan bulan ramadhan.

“Dalam waktu dua minggu diharapkan tugas tersebut terkumpul. Dan harapannya kami dari Rumah Media bisa membukukannya. Sehingga dalam pelatihan ini tidak hanya sekedar memberikan pelatihan namun nantinya bisa menghasilkan sebuah karya yaitu buku yang berasal dari tulisan para peserta pelatihan jurnalistik RJFS. Semoga saja semakin banyak siswa-siswi atau pelajar menyukai dunia menulis dan membaca. Karena membaca dan menulis adalah dua hal yang tidak terpisahkan.”tegasnya.

 

 

 

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

4 responses »

  1. Andai aja di daerahku juga ada yah🙄 #ngayal

  2. rumah media mengatakan:

    […] Agar tidak mengganggu kegiatan para siswa di sekolah, kegiatan ini diadakan pada hari Minggu. RJFS #1 diadakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada Minggu (29/7/2012). Sementara RJFS #2 diadakan di […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s