Dalam penulisan cerita pendek atau cerpen adakalanya seorang penulis mengalami kebingungan saat tiba-tiba tulisannya berhenti di tengah-tengah dan kesulitan untuk melanjutkannya. Hal tersebut merupakan sebuah hal yang wajar. Jika anda saat ini tengah mengikuti sebuah kompetisi penulisan cerpen yang dimasukkan dalam antologi maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempermudah karya tulisan anda.

Tips menulis cerpen (antologi) yang bisa anda lakukan antara lain :

  1. Perhatikan persyaratan tema yang diinginkan oleh panitia lomba. Karena jika cerpen yang anda kirimkan tidak sesuai tema maka karya anda tidak akan masuk dalam nominasi mereka.
  2. Kenali gaya tulisan penanggung jawab atau juri dari lomba penulisan tersebut. Misalnya juri tersebut merupakan seorang penulis yang memiliki gaya penulisan komedi, serius atau drama romantis. Anda bisa mengikuti gaya penulisan tersebut tanpa mengurangi gaya penulisan anda sendiri.
  3. Agar lebih mudah dalam penulisan maka anda bisa menetapkan ada berapa tokoh. Misalnya tiga tokoh. Kemudian deskripsikan terlebih dahulu dalam draft atau rancangan cerpen anda. Misalnya tokoh A adalah perempuan usia 18 tahun, labil, centil tapi ramah sehingga memiliki banyak teman. Tokoh B adalah laki-laki berusia 20 tahun, anak orang kaya, sombong, pelit dan suka menghina orang lain. tokoh C adalah dst. Pendeskripsian tersebut akan lebih memudahkan dalam penulisan cerita anda.
  4. Teruslah menulis dan jangan perdulikan tentang kesalahan ketik yang anda lakukan. Anda bisa melakukan pengeditan setelah cerita selesai anda tulis.
  5. Minta orang lain untuk membaca karya anda setelah selesai anda tulis dan edit penulisan anda. Sebaiknya anda memilih dua hingga tiga pembaca karya anda misalnya orang yang suka menulis, orang yang suka membaca tetapi tidak suka menulis, orang yang suka membca sekaligus menulis. Hal ini diperlukan agar anda mengetahui bagaimana tulisan anda jika dibaca oleh orang lain.

Langkah terakhir tentu saja terus menulis dan jangan pernah putus asa. Karena menulis pada dasarnya proses menulis yang dilakukan terus menerus.

oleh : dian karya

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s