Karya Jurnalistik antara lain terdiri dari : 

1. Berita
Karya jurnalistik yang utama adalah berita. Yaitu laporan yang tercatat bentuk fakta atau opini yang dianggap penting,menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. Syarat berita : benar terjadi,actual, apa adanya, tersusun baik, menarik, lengkap. Lengkap di sini mengandung 5W+1H yaitu what (apa),who(siapa),where(dimana),when(kapan),why (mengapa), dan how (Bagaimana)

2. Feature
Feature sering disebut dengan berita kisah sebab gaya penulisannya menitik beratkan kepada perasaan manusia.Selain mendapatkan berita, Feature juga harus bisa memainkan perasaan hati pembaca baik itu sedih, marah, riang atau gembira. Akan tetapi untuk mendefinisikan sebuah Feature mengalami kesulitan, sebab para pakar jurnaliistik belum ada kesepakatan.
Intinya Feature sebuah tulisan yang berdasarkan  fakta-fakta di lapangan dan mampu menggugah rasa emosional, menghibur, memunculkan empati dan keharuan. Dengan kata lain, sebuah Feature juga harus mengandung segi human interest menyentuh rasa manusiawi.

3. Artikel
Definisi Artikel : Sebuah karangan faktual (non fiksi) tentang suatu masalah secara lengkap yang panjangnya tidak tentu untuk di media massa (koran, majalah & buletin). Selama ini kita masih merasa sulit untuk menulis sebuah artikel baik misalnya sulit untuk memulai, macet di tengah jalan ?. Menurut Ahmad Yosi Herfanda (Redaktur Republika) menyampaikan “ Semua permasalahan akan hilang apabila selalu rajin belajar dan memaksa diri untuk menulis”

4. Tajuk Rencana
Salah satu rubrik dalam, yang hanya boleh ditulis oleh pemimpin redaksi atau redaktur senior. Isi Tajuk Rencana adalah penulisan kembali inti sari berita utama namun dianalisis lebih mendalam. Melalui Tajuk Rencanalah redaksi media tersebut menunjukan sikap atau visinya dalam penilaian sebuah berita yang sedang terjadi di masyarakat.

5. Resensi
Resensi berasal dari bahasa Belanda recencie, dalam bahasa Inggris review Kata tersebut sendiri berasal dari kata Latin ‘revidere’ dan ‘resence’, artinya melihat kembali, menimbang atau menilai. Artinya adalah memberikan pertimbangan, penilaian kelemahan atau kelebihan suatu buku. Mampu mendorong kepada pembaca untuk membaca buku tersebut atau meninggalkannya. Syarat buku yang diresensi harus baru maksimal satu tahun yang lalu.

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s