Publikasi ringan merupakan salah satu publikasi yang dilakukan oleh Public Relations (PR) atau humas perusahaan atau institusi. Publikasi ringan berfungsi untuk membangun citra perusahaan atau institusi. Selain itu bisa juga digunakan sebagai alat untuk mendukung pemasaran. Publikasi ringan tidak disampaikan melalui media massa.

Publikasi ringan memiliki berbagai bentuk yang sebenarnya sangat mudah ditemui. Bentuk-bentuknya antara lain :

  • Buletin, biasanya berisi mengenai aktivitas perusahaan. Bisa hanya satu lembar, satu lembar bolak-balik atau beberapa lembar.
  • Brosur, digunakan sebagai alat promosi yang terdiri dari beberapa lembar. Di dalamnya juga disertai foto produk, foto kegiatan institusi dan lainnya. Seringkali menggunakan jenis kertas yang lebih halus dan dicetak menggunakan lebih dari dua warna.
  • Poster, pesan komunikasi yang dicetak dalam kertas ukuran besar. Biasanya berisi pengumuman kemudian ditempelkan di tempat-tempat yang strategis.
  • Leaflet, seperti halnya poster yang berisi pesan pengumuman namun ukurannya lebihh kecil dari poster. Biasanya disebarkan di jalan, di titipkan di warnet, dimasukkan di sela-sela koran yang dijual di jalan, dan lainnya.
  • Majalah Dinding, bentuk informasi yang dibuat kemudian ditempel. Dimana di dalamnya memuat berbagai informasi misalnya informasi seputar perusahaan, opini karyawan perusahaan, dan lainnya.

Bentuk-bentuk publikasi tersebut bisa dijalankan langsung oleh PR atau bisa juga dijalankan oleh penyedia jasa pembuatan publikasi tersebut. Namun tetap di bawah arahan PR institusi yang bersangkutan sehingga isinya tetap sesuai dengan maksud dan tujuan institusi yang bersangkutan.

Untuk memesan bentuk-bentuk publikasi ringan dengan harga terjangkau dengan kualitas tidak mengecewakan bisa ditemui di sini.

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s