Judul           :Yuk, Nulis Artikel : Buku Panduan untuk Siapa Saja yang Ingin Belajar  Menulis Artikel Ilmiah Populer di Media Massa
Penulis       : Wardjito Soeharso
Penerbit    : e – Media Solusindo
Cetakan I  : Agustus 2009
Tebal           : 92 halaman
Harga           : Rp 30.000,00

Budaya menulis sebagian besar masyarakat Indonesia relative masih rendah. Hal ini dibuktikan masih minimnya konsumsi buku maupun bacaan. Hal inilah yang dicermati penulis ‘Yuk, Nulis Artikel’.

Dalam buku ini penulis memberikan berbagai masukan mengenai menulis karya tulis ilmiah populer di media cetak.

Dalam buku ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel ilmiah populer di media cetak. Karena terdapat tiga tahap yang harus dilakukan. Pertama, tahap pra penulisan. Dimulai dengan memilih topik yang menarik untuk ditulis. Kemudian memetakan topik yang sudah dipilih tersebut. Setelah itu mencari data dan referensi serta membuat outline atau kerangka tulisan (hal 14 – 22).

Kedua, tahap proses penulisan. Menentukan judul yang menarik, menuliskan pembukaan yang berbeda dari yang lain, membuat isi tulisan yang menambah wawasan, pengetahuan dan pedewasaan berfikir bagi masyarakat kemudian penentuan naskah artikel yang tidak terlalu panjang, disarankan 7.500 – 10.000 karakter (hal 22 – 26).

Ketiga, tahap pasca penulisan. Setelah ditulis, tulisan melalui tahap editing atau review. Setelah editing kemudian artikel dikirimkan ke media cetak. Dan penulis mengingatkan untuk selalu semangat tidak mudah menyerah dalam menulis artikel. Terutama jika belum dimuat oleh media cetak.

Selain memberikan tips penulisan artikel ilmiah populer di media massa dalam buku ini juga memuat atau dilampirkan contoh-contoh artikel ilmiah populer yang dimuat oleh berbagai media cetak yang dituliskan oleh penulis buku ini. Sehingga bisa menjadi contoh acuan dalam belajar menulis artikel ilmiah populer.

About these ads

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s