Untuk memperoleh sertifikasi, setelah tahun 2012 guru tidak hanya sekedar mengumpulkan karya tulis dan berkas semata melainkan juga harus melakukan presentasi. Sehingga para guru harus memahami berkas dan karya tulis yang disusunnya.

Demikian disampaikan Perwakilan Dinas Pendidikan Ngawi, Drs. H. Soenaryo, M.Pd pada saat memberikan pengarahan kepada guru-guru pada ‘Pelatihan Jurnalistik dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI)’ yang diselenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Islam Pehnangka, Ngawi Minggu (6/2).

Terkait dengan Sekolah Standar Nasional (SSN) Soenaryo menguraikan ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki sebuah sekolah. “Mulai dari memiliki jiwa nasionalisme, standar moral yang tinggi, mandiri, memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneur, jaringan yang luas, penggunaan science, teknologi maupun olahraga serta penggunaan bahasa asing. Baik bahasa Inggris, Arab, Jerman atau bahasa lainnya. Selain itu sekolah harus menonjolkan kultur ataupun kelebihan yang dimiliki agar terlihat perbedaannya dengan sekolah lainnya,”urainya.

Sementara itu Perwakilan dari Yayasan Perguruan Al-Islam Pehnangka, Dra. Yayuk Sri Rahayu, M.Pd mengemukakan seorang guru harus mencintai profesinya. “Hal ini akan menghantarkan anak didik menjadi lebih maksimal. Guru juga harus selalu menuntut ilmu dan menambah wawasan,”tegasnya.

Kepala Sekolah SMP Al-Islam menambahkan, saat ini profesi guru berbeda. “Saat ini profesi guru berbeda dengan guru dahulu. Kalau dahulu guru pagi datang kemudian ngajar lalu pulang. Saat ini guru selama 24 jam harus mampu menjadi panutan. Terlebih sudah ada sertifikasi, hendaknya guru bisa melaksanakan tugas dengan baik.”tandasnya.

Pelatihan jurnalistik dan penulisan KTI diikuti sekitar 39 guru SMP dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yayasan Al-Islam. Materi pelatihan diisi pemateri dari Rumah Media yang diwakili Dani Kurniawan, Dian Karyati Pamungkas dan M. Udin Z.S. materi yang diberikan mulai dari jagad jurnalistik dan berita, teknik reportase, teknik penulisan berita, pengenalan feature, pengelolaan pembuatan media cetak,  serta pengenalan karya tulis ilmiah populer.

About these ads

About Rumah Media

Lembaga Sosial yang bergerak di bidang media massa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s